Posted in Coretan, Seputar kampus

Hamil bukan halangan utk Studi S3: Hamil dan studi S3? Bisa, insya Allah

Bismillah, saya share ya dari pada japri ketik bbrp kali. đŸ™‚
(Postingan ini jgn diartikan menyarankan para istri utk hamil saat study ya, tp share utk menyemangati ibu2 yg mengandung buah hatinya saat study)

Study itu memang butuh konsentrasi penuh, baik S2 atau pun S3. Saya punya cerita di kedua jenjang tsb tapi jujur yg luar biasa effort nya saat S3, saat kita harus berkutat dg riset, paper2, textbook, eksperimen, publikasi dll. Bagi seorang istri entah dia mahasiswa atau pun tidak, hamil itu sangat mungkin terjadi apalagi jika Allah menghendaki, direncanakan spt apapun Allah Maha Perencana terbaik. Jika teman-teman hamil saat studi, maka hal paling utama yg perlu ditanamkan dari diri sendiri adalah pahami diri kita dan segala konsekuensinya.
Kondisi kehamilan seseorang sangat berbeda-beda. Kebetulan selama S3, Allah, Maha Pencipta menghendaki saya dua kali hamil. Alhamdulillah kehamilan saya lancar. Kehamilan anak ketiga (F3) bahkan terkadang saat hujan deras Jakarta macet atau suami meeting, saya menunggu dijemput suami, sambil mengerjakan eksperimen atau menulis paper/ laporan di lab kampus sampai malam, bisa sampai jam 22.00 atau jam 23.00. Kadang teman2 suka bercanda “Mbak Elly hati2 loh nanti ada yg nemenin di lab S3, yg tdk tampak” :’D Kadang kalau terasa tdk enak, atau terasa agak gimana gitu di lab S3, krn sendirian malam², ya pindah ke lab 1231. Lab 1231 yg ga ada offnya seminggu 7 hari 24 jam đŸ¤­ . Yah gimana lagi, kl sepi malam2 ada yg ‘usil’, terkadang salah satu komputer nyala sendiri (menghibur hatinya waktu itu: ah paling di-remoye access. walau th jg ga mungkin krn Pc benar2 off button power-nya). Atau pintunya terdengar suara kebuka spt ada yg nginjak lantai Lab, tp ga ada siapa2. Jd mikirnya oh paling ada yg mai masuk ga jadi. Kl kena anggin ga mungkin krn pintunya tdk semudah itu terbuka krn anggin. đŸ˜‚

Salah satu bagian penting dlm riset adalah studi literatur artinya harus rajin baca, maka harus dibiasakan hobby membaca, dan spesifiknya baca paper. đŸ˜‰ Jika ini sudah terbiasa yakin deh kita akan menggunakan waktu luang kita utk baca paper. Menunggu pesan makanan, antri, dll secara tdk sadar akan buka paper utk dibaca. Bawa2 kertas mba? Tdk, bisa dari smartphone :-). Support dari keluarga itu wajib khususnya Suami. Iya dong kan yg di perut anak berdua :D. Hindari membaca berita2 buruk ttg kehamilan yg bikin kita cemas, pikirkan yg baik2 saja, itulah saya agak picky dalam memilih dokter. Bagitu dapat yg klick, hamil selanjutnya ya ga mikir lg pasti dokter SpOG tdk ganti. Alhamdulillah selama di BSF dapat dokter yg baik, saat galau, tinggal sms, untungnya beliau jg anggap saya spt teman, jd tahu bgt kondisi saya. Awalnya saya jg heran bnyk pasien kok hapal, eh ya itu td krn klick. Hallo bu dokter, semoga sehat selalu ya dok. Beliau sering anggap saya TS (Teman Sejawat) krn riset S3 saya ttg Biomedis. Tak jarang kl periksa rutin kehamilan, ngobrolnya lama detil, dan kadang bahas literatur medisnya hahaha :-).

Selain menjadikan membaca ‘paper+textbook’ sebagai hobby, support keluarga dan dokter yg baik, hal penting lainnya adalah berusahalah utk mandiri. Loh kok gitu mbak? Iya, MANDIRI, manja nya sama suami saja :D. Memang hamil itu bukan kondisi biasa, studi S3 juga penuh perjuangan, dan kalau mengalami keduanya bersamaan jd….ehm tak terlukiskan dg kata2 đŸ˜€

TAPI jangan pernah terpikirkan utk mendapatkan pengertian apalagi dispensasi, JANGAN. Kok gitu mbak, kalau hamilnya butuh perhatian lebih bgm? Ya istirahat saja, cuti atau istirahat yg cukup, kalau konsekuensinya waktu studi molor, kita harus siap. Yang pasti jgn pernah mencampur adukkan kehamilan kita dg studi kita, hamil atau tdk, segala hal dlm studi harus tetap berjalan sebagaimana mestinya, riset, deadline, paper, publikasi, dll semua jalani saja. Loh mbak kan kita patut diberikan perhatian khusus, contoh di kendaraan umum, dll. Tetap jangan jadikan itu sbg legalitas kita selalu ingin diprioritaskan, apalagi dlm studi, JANGAN YA TEMAN, jgn menurunkan standar studi. Intinya hamil ya hamil, studi ya studi. Nikmati semua prosesnya sebagaimana mestinya.

Hamil ya hamil, studi ya studi, jangan dicampuradukkan, nikmati semua prosesnya sebagaimana mestinya. Ketika kita paham dg diri dan kondisi kita, dan siap dg segala konsekuensinya, yakin deh kita tak akan pernah mengharap pengertian org lain apalagi dispensasi, krn pengharapan spt itu akan mengganggu usaha maksimal kita, menghilangkan seni dari kuliah S3. đŸ˜‰ Berusahalah utk mandiri.

Apalagi, mbak?

Biasakan makan-makanan sehat, tdk hamil saja makan perlu kita perhatikan apalagi hamil. Sebisa mungkin makanan utama masak di rumah, kalau ga jago masak ya kukus atau rebus aja semua hehehe *becanda*. Boleh pesen tp sebisa mungkin cek kebersihannya ya… Kalau sakit kita akan mengalami kerugian kuadrat -apalagi itu istilahnya- pokoknya rugi banget deh.
Trus kelola waktu sebaik mungkin. Wah ini bagian yg paling perlu dikendalikan. Kadang bawaannya kan mual mbak, it’s ok, dari pengalaman selama ini, kalau mual dan pengen muntah ya keluarin aja, habis itu istirahat bentar langsung enteng dan fresh. Mual jgn ditahan, bisa makin pusing trus lemes dan males untuk melakukan apapun. Kalau lg drop gini jgn pergi jauh2 sendiri, sebisa mungkin minta dianter Pak Suami tersayang đŸ˜‰

Urusan waktu sebenarnya berhubungan dg urusan kebiasaan. Ibu hamil biasanya memiliki pola istirahat yg agak berbeda. Naaahhhh disitu kita bisa pilih dan pilah alokasi waktu kita. Saat 3 bulan pertama, biasanya lemes, pagi dan malam. Agak enakan kalau siang, jd siang optimalkan utk eksperimen, nulis, dll. Pagi dan malam bobo aja. Krn S3 itu bnyk risetnya, maka saat kondisi lemah gitu utk ke kampus bisa saat progress saja, selebihnya kerjakan di rumah. INGAT: KERJAKAN! tetap kerjakan walau di rumah. Nah 3 bulan kedua biasanya semua sudah normal, tubuh sudah adaptasi, kita bisa bekerja seperti biasanya. Mulai balik rajin ke kampus dan nge-Lab. Saat ini boleh dibilang ngebut riset pun OK. Mbak tp kadang masih mual, bgm? Iya, wajar kok tp kan jarang, ya kita harus paham kondisi tubuh kita, sudah enakkan bukan berarti bisa diforsir, ingat jg ada kehidupan diperut kita.

Masuk 3 bulan ketiga, pasti badan buncit banget kan ya, secara fisik jalan hati2 dan jgn lari, tp otak kita masih bisa lari kan utk berpikir. Menulis paper, ngoding, eksperimen itu dominan dg kerja otak. Maklum eksperimennya di dry Lab, pakai laptop doang. Saat 3 bulan terakhir biasanya jam tidur akan berubah. Susah dapat posisi yg pas utk bobo krn endut, membuat jam tidur kita bergeser. Naaahhhh tahu tdk sesungguhnya ada anugrah besar di situ. Selama tdk dapat posisin nyaman utk tidur shg susah tidur, saya suka baca paper, atau nulis draf di kertas atau kadang buka laptop lakukan eksperimen. Biasanya susah bobo ini tengah malam hingga menjelang pagi, nah jam2 ini sebenarnya paling enak buat konsentrasi. đŸ™‚ Habis sholat trus bobo. đŸ˜€ Jd ga bisa bobo saat hamil, bisa jadi anugrah utk belajar.

Dan kalau saya ingat2 saat hamil tulisan jg lebih bnyk. Saat hamil Naura 3 bulan terakhir menjelang lahiran kelar satu paper (jujur ini jaga2 krn biasanya Supervisor dr Lab 1231 desa konoha tanya paper dan diminta submit, kalau habis lahiran butuh off bener2 1.5 bulan, jd jaga2 dulu). Ternyata benar, 1 minggu setelah lahiran Naura, beliau sms menanyakan bisa submit ke IEEE SMC tdk? Alhamdulillah krn sudah siap satu paper jd ya bisa lancar ;-). Nah, disini kunci kenali dan pahami diri sendiri dan kondisi serta segala konsekuensinya td berperan.

Dulu ada teman yg sempat bercanda “Mbak Elly kapan ngerjainnya, habis lahiran langsung submit? Jangan2 di RS saat lahiran depannya ada laptop dan paper.” Arghhh đŸ˜… Alhamdulillah accepted jg saat itu. Saat hamil Fathan laporan disertasi utk sidang terbuka saya jd lebih rapi dari sebelumnya. đŸ˜‰
Trus mbak kalau ke kampus sampai mlm anak2 bgm? Ke kampus tdk harus tiap hari, tp ngerjain nya tiap hari (kan bs di rumah). Anak2 memiliki jadwal yg rapi jg, pastinya butuh adaptasi. Nanny yg jagain anak2 selalu saya minta buat catatan aktivitas harian anak2. Semua makanan sudah saya siapkan termasuk camilan sebelum saya ke kampus. Jd tiap pagi ngutek di dapur setelah Subuh utk siapin makanan camilan utk anak2. Saat mau berangkat saya kasih tahu pulang jam brp, kalau telat saya dapat kompensasi bikin makanan kesukaan mereka. Kalau saat itu pulang sampai jam 22-23 mlm ya saya tlp mereka agar bobo. Kalau pulang jam 19an biasanya langsung main dg mereka, bacain buku, bercanda, dll. Tiap saat dikontrol, tlp mereka. Nah kalau pulang mlm biasanya besoknya saya di rumah. Di kampus kadang 3 harian atau 4 harian, 4 atau 3 hari di rumah main dg mereka. Saat mereka bobo saya lanjut kerjakan, dan malam memang waktu pasti buat kerjakan riset. Jujur selama S3 jam tidur saya berubah dan berkurang. Tp dinikmati saja krn bobo nya walau kadang 2-4 jam tp nyenyak ;-).
Oh iya, topik dan pembimbing jg penting. Pembimbing di sini penting krn hamil atau tdk nih, urusan study S3 dr awal masuk s.d lulus beliau2 yg menjadi kontrol study kita. Kalau sudah biasa dg kerja lari, bisa bimbingan dg beliau2 yg rajin riset dan ‘tanya progress’ ke kita. Yakin deh akan dikejar dg deretan target, upsss. đŸ˜€ Utk topik, ambillah topik riset yg menjadi passion kita, krn akan beda rasanya. Kalau kita kerjakan sesuatu yg jd passion kita, bawaannya enjoy. Mirip dg kita suka buah durian, tanpa disuruh kita akan tetap makan. Kalau tdk suka, boro2 makan, cium baunya aja udah neg. đŸ˜‰

-itu ya maaf kalau blm menjawab semuanya atau ada yg kurang pas dg tulisan ini-

Author:

Seorang istri dan ibu yang sedang berusaha mengabdikan diri untuk negara, suka membaca, menulis, belajar dan ingin selalu mengalirkan apa yg sudah dipelajari :-)

7 thoughts on “Hamil bukan halangan utk Studi S3: Hamil dan studi S3? Bisa, insya Allah

  1. mbak elly anak bimbingannya pak wisnu kah? btw salam kenal yah.. saya alumnus fasilkom, dan langsung nostalgia jadinya waktu mbak elly bilang lab 1231 hahaha…

    btw, maaf nih numpang promosi mbak. mbak udah tau blog kamiperempoean.wordpress.com kah? monggo liat-liat ya mbak, dan kalo berkenan kami selalu nyari kontributor tamu hehe đŸ˜€

    Like

    1. Hai Hilda, iya betul…saya bimbingan Pak Wisnu dan Prof. Chan…:-) 1231 memang sesuatu ya…:D tanpa menyebut kata kunci lainnya langsung ketebak. đŸ˜€

      Boleh-boleh, saya sudah mampir dan follow tadi, bagus blog nya. đŸ™‚ đŸ™‚

      Like

      1. makasih ya udah liat-liat.. kalo mbak ada yg mau ditanya boleh lho. intinya sih blog ini buat sharing pengalaman perempuan dg latar belakang beda2. tujuannya supaya bisa mengubah, walaupun sedikit, stereotype gak baik yg nempel di kepala orang hehe..

        Like

  2. waaaah.. ini mah dasar mbak Ellynya sudah jagoan pinternya.. aku mah apah atuh.. langsung mungsret baca ceritanya ^^v eh langsung semangat… semangat ngerjain paper lo mbak, belum semangat hamil, hehehe..

    Like

Leave a comment